Google Bisnisku, Tampilkan Usaha Anda Di Halaman Pencarian Google

google bisnisku

Pemasaran melalui mesin pencari merupakan salah satu metode efektif guna menjaring pelanggan. Dengan jumlah volume pencarian mencapai jutaan setiap harinya di Indonesia, Google menjadi mesin pencari yang populer digunakan. Google Bisnisku salah satu media promosi gratis yang ditawarkan Google untuk dapat bersaing di pencarian lokal / daerah setempat.


Daftar Isi

  1. Promosi Usaha Di Pencarian Google
  2. Fitur Dan Keunggulan Google Bisnisku
    1. Gratis
    2. Pin Lokasi Bisnis
    3. Tautan Pendek Peta Lokasi
    4. Mudah Ditemukan Pelanggan
    5. Halaman Web Gratis
    6. Tampil Di Pencarian Google
    7. Publikasi Informasi Promosi Usaha
    8. Ulasan Pelanggan
    9. Laporan Statistik Pencarian
  3. Cara Mendaftarkan Google Bisnisku
    1. Persiapan Data Yang Dibutuhkan
    2. Langkah Mendaftarkan Profil Google Bisnisku
  4. Verifikasi Listing Google Bisnisku

Promosi Usaha Di Pencarian Google Dengan Google Bisnisku

prospek penjualan melalui pencarian google

Setiap interaksi tindakan pengunjung di internet terhadap bisnis Anda merupakan potensi berharga. Jika selama ini promosi usaha umumnya memanfaatkan website milik usaha, maka dengan Google Bisnis Anda tidak perlu memiliki website untuk mendapatkan atensi / interaksi dari pengunjung.

Interaksi tindakan pada profil bisnis di Google adalah ketika pengunjung menghubungi Anda melalui tombol telepon di profil Anda, meminta petunjuk arah ke lokasi bisnis Anda, atau mengklik tautan ke website atau posting promosi Anda. Jika Kita ambil contoh jumlah interaksi pada gambar diatas (listing penjualan mobil), ada 379 interaksi setiap bulan, artinya dalam sehari ada sekitar 3 – 4 prospek penjualan setiap harinya.

Dari interaksi setiap hari, jika minimal 1 saja dapat membuahkan penjualan, maka dalam 1 bulan Anda minimal sudah memiliki 30-an penjualan mobil yang berasal dari profil Google Bisnis Anda. Pada artikel ini Kita akan membahas apa saja fitur dan keunggulan menggunakan profil Google Bisnis, serta langkah langkah cara mendaftarkan profil Google Bisnis.

 

Fitur Dan Keunggulan Google Bisnisku

promosi usaha gratis di pencarian google

Promosi usaha di pencarian google

1. Gratis.

Tidak dipungut biaya apapun ketika Anda mendaftarkan bisnis / usaha / kegiatan Anda di Google Bisnisku. Anda hanya perlu menyertakan beberapa detail informasi usaha Anda.

2. Mendapatkan Pin Peta Lokasi Bisnis

Jika sudah diverifikasi, maka Anda akan mendapatkan pin lokasi bisnis Anda pada Google Maps yang mana dapat dicari oleh umum, termasuk oleh pengemudi ojol atau ketika verifikasi GoBiz. Contohnya pin lokasi: Grand Indonesia.

3. Mendapatkan Tautan Pendek Ke Peta Lokasi Anda.

Selain format berbagi link peta dengan alamat goo.gl Anda juga akan mendapatkan tautan pendek yang lebih personal dengan nama usaha / bisnis Anda. Formatnya adalah: g.page/nama-usaha-anda/

4. Mudah Ditemukan Pelanggan / Calon Pelanggan.

Pada hasil pencarian di Google, setidaknya terdapat informasi usaha Anda meliputi: peta petunjuk arah menuju tempat usaha Anda, link no telepon Anda jika mereka ingin menghubungi Anda langsung. Selain itu juga ada formulir pertanyaan bagi mereka yang ingin bertanya seputar usaha Anda. Link menuju situs web Anda juga akan ditampilkan jika Anda mengisinya.

5. Mendapatkan Halaman Web Gratis

Pada Dasbor Google Bisnisku, Anda akan diberikan pilihan untuk membuat halaman web gratis yang menampilkan informasi bisnis Anda. format alamat web ini adalah nama-usaha-anda.business.site. Anda dapat mengedit dengan mudah halaman web ini nantinya.

6.Tampil di Pencarian Google

Ini dia salah satu keuntungan membuat profil Google Bisnisku, usaha Anda akan tampil ketika orang mencari produk barang atau jasa yang terkait dengan usaha Anda. Pencarian ini juga akan disesuaikan dengan lokasi wilayah usaha Anda. Jadi Anda hanya akan bersaing dengan kompetitor diwilayah Anda saja.

7. Publikasi Informasi Promo Usaha

Mulai dari foto produk, hingga posting update informasi promosi dapat Anda buat di akun Google Bisnis. Setiap update promo dari Anda akan tampil dibawah pin profil usaha Anda di pencarian Google.

8. Ulasan Pelanggan

Pada pin peta lokasi usaha Anda, para pelanggan Anda dapat memberikan ulasan atas barang atau jasa yang telah mereka gunakan dari Anda. Komposisi nilai ulasan ini sedikit banyak akan menentukan peringkat Anda. Anda tidak perlu khawatir akan adanya manipulasi peringkat, karena semua akan terdeteksi kualitas pemberian peringkat pada lokasi Anda.

9. Laporan Statistik Pencarian.

statistik pencarian google bisnisku

Data pencarian ini akan memberikan Anda informasi bagaimana pengunjung menemukan bisnis Anda di pencarian Google. Kata kunci yang mereka gunakan dapat menjadi data penunjang riset untuk kegiatan promosi Anda dari waktu ke waktu. Data dapat diatur dengan rentang waktu mulai dari setiap minggu hingga semua waktu.

 

Cara Mendaftarkan Google Bisnis

Seperti sudah ditekankan sebelumnya, pendaftaran ini gratis tidak dipungut biaya. Namun Anda sebelumnya perlu menyiapkan data informasi usaha berikut ini dimana 2 poin pertama (nama dan alamat usaha) sudah cukup untuk syarat minimal pembuatan.

Persiapan Data Minimal Kelengkapan Google Bisnis

jam buka pada pencarian

Contoh tampilan jam buka pada pencarian Google bisnis

Nama usaha Anda. Jika produk Anda adalah produk tunggal, Anda bisa sisipkan pada nama usaha Anda, atau alternatifnya sisipkan nama jenis produk. Misalnya¬† “Siomay Kang Yaya” atau “Toko Buku Lestari Jaya”. Penekanan pada kata kunci lain juga dapat diterapkan, misalnya “PT Sumber Jaya (jual bambu berkualitas)“. Pada kata yang cetak miring adalah kata kunci Anda. Meski demikian penekanan Kata kunci ini tidak wajib.

Alamat lengkap lokasi usaha. Berupa alamat lengkap dengan nomor bangunan, kelurahan, kecamatan, kodepos hingga propinsi. Alamat ini selain akan menjadi penanda pada peta, juga nantinya akan menjadi alamat pengiriman kartu pos verifikasi dari Google.

No kontak dan informasi jam buka. No telepon Anda akan dicantumkan pada listing bisnis Anda di pencarian Google. Sedangkan hari dan jam buka usaha untuk memberikan informasi status jam buka usaha setiap harinya pada listing Google bisnis Anda.

Logo usaha dan cover gambar. Meski bukan salah satu kebutuhan data wajib, namun menyertakan logo usaha dan cover gambar untuk listing bisnis Anda akan membuat menarik. Besar file semua gambar harus antara 10KB s/d 5MB. Sedangkan untuk dimensi logo minimal adalah 256 x 256 pixel, dan dimensi cover adalah orientasi landscape minimal 1024 x 576 pixel.

Foto penunjang lainnya. Foto ini sama halnya degan logo dan cover, bukan kebutuhan wajib. Foto penunjang antara lain: foto interior (bagian dalam) dan eksterior (tampak luar) lokasi,  foto tim / Anda dan karyawan, foto produk usaha Anda.

 

Langkah Pendaftaran Google Bisnis

Setelah kelengkapan data minimal diatas sudah disiapkan, kini Anda sudah dapat memulai pendaftaran.

1. Kunjungi link ini: https://www.google.com/intl/id_id/business/ dan klik tombol Mulai Sekarang.


2. Anda akan diminta login menggunakan akun Google / Gmail Anda, silahkan login.


3. Setelah login, Anda akan diminta mengisi nama bisnis Anda, setelah mengisi klik tombol Berikutnya.

nama bisnis anda


4. Setelah mengisi nama bisnis, Anda akan diminta konfirmasi apakah bisnis ini memiliki lokasi fisik. Pilih ke “Ya”, lalu klik tombol “Berikutnya”.

konfirmasi lokasi fisik usaha


5. Setelah mengkonfirmasi alamat fisik, maka Anda akan diminta mengisi data alamat lokasi usaha. Isi selengkap mungkin, karena kartu pos verifikasi dari Google akan dikirimkan ke alamat yang Anda isi.

alamat lengkap listing


6. Setelah mengisikan alamat lengkap, maka akan diminta konfirmasi apakah usaha Anda melayani pelanggan diluar wilayah Anda. Misalnya menyediakan layanan pengiriman barang hingga keluar Kota maka pilih “Ya” melayani diluar area, jika Anda rumah makan san hanya menyediakan layanan makan ditempat, maka pilih “Tidak”.

jangkauan layanan usaha


7. Isian ini hanya tampil jika pada poin no. 6 Anda memilih “Ya”. Isikan area layanan Anda dengan cakupan kota, propinsi hingga lintas negara yang Anda masukan / pilih.

area layanan


8. Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan usaha Anda. Cukup mengetikan kata kunci usaha atau produk Anda maka akan tampil berbagai macam pilihan untuk Anda pilih.

kategori google bisnisku


9. Informasi kontak dan situs web usaha Anda ini termasuk dalam pilihan opsional. Oleh karena itu jika tidak diisi tidak masalah. Namun untuk mendorong aktifitas tindakan pelanggan di listing Anda, maka disarankan mengisi minimal no kontak telepon. Untuk web usaha, jika Anda belum memiliki website, maka Anda dapat memilih buat situs gratis.

informasi kontak bisnis


10. Pada opsi pilihan mendapatkan kabar terbaru disarankan pilih ke “Ya” untuk mendapatkan informasi tentang fitur terbaru.


11. Akhirnya Anda dapat mengklik tombol selesai untuk bersiap ke tahap verifikasi.

selesai verifikasi


12. Setelah klik selesai tadi, maka Anda diarahkan pada tahap verifikasi listing Google Bisnisku. Silahkan cek data alamat Anda, kemudian masukan nama Anda di kolom penerima. Setelah selesai klik tombol “Kirim” maka surat verifikasi dari Google akan tiba di alamat Anda dalam jangka waktu 4 hingga 7 hari.

form verifikasi bisnis


 

Verifikasi Google Bisnisku

5 Digit Kode Verifikasi Google Bisnisku Via Pos Surat

Setelah melalui tahap pendaftaran diatas, pada proses akhir Anda telah diminta konfirmasi alamat lengkap Anda untuk dikirimkan surat berisikan kode verifikasi listing bisnis Anda. Setelah surat diterima, buka dan lihat 5 digit kode verifikasi Anda kemudian kunjungi link: google.com/verifymybusiness untuk memasukan 5 digit kode tadi.

Selesai sudah semua tahapan mendaftarkan profil bisnis di Google Bisnisku. Jika Anda memiliki banyak cabang usaha, atau profesi seperti Kami (pengembang website bisnis), maka setelah lebih dari 5 verifikasi, maka berikutnya biasanya Google akan memberikan pilihan berupa konfirmasi melalui no ponsel / SMS.

Tinggalkan pertanyaan di kolom komentar dibawah ini apabila Anda memiliki pertanyaan terkait proses pendaftaran listing Google Bisnis ini. Dalamn artikel mendatang Kami akan coba membahas seputar kiat optimalisasi profil bisnis di Google.

Bagikan info ini
  • 6
    Shares
Diskusikan