Prosedur Ekspor Barang Ke Luar Negeri

prosedur ekspor barang

Kegiatan ekspor merupakan salah satu aktivitas yang ada dalam dunia perdagangan. Dimana ekspor merupakan sistem perdagangan ini memungkinkan pihak tertentu mengadakan trading lintas Negara. Hingga saat ini pemerintah Indonesia sendiri berupa meningkatkan devisa Negara melalui peningkatan ekspor barang. Lalu bagaimana prosedur ekspor barang ke luar negeri?

Sebenarnya prosedur ekspor terbilang lebih mudah dibandingkan dengan prosedur impor dikarenakan saat ini dapat dikatakan lebih banyak peraturan mengenai impor dibandingkan ekspor, apalagi untuk masalah pembayaran pajak.
Untuk kegiatan impor, hampir semua barang impor akan dikenakan beban bea masuk serta pajak impor lainnya. Sedangkan untuk ekspor, banyak yang tidak dibebankan pajak ekspor ataupun bea keluar.

Prosedur Ekspor Barang

Untuk prosedur ekspor sendiri dimulai ketika eksportir mempersiapkan barang-barang yang kemudian akan diekspor dengan melalui proses packaging, stuffing ke container hingga nantinya barang akan siap dikirim. Setelah barang siap dan memiliki jadwal, eksportir bisa mengajukan dokumen kepabeanan atau Pemberitahuan Barang Ekspor (PEB). Untuk PEB ini sendiri berisikan data-data mengenai barang ekspor, antara lain:

● Data eksportir
● Data penerima barang
● Sarana pengangkut
● Negara tujuan
● Data custom broker (jika ada)
● Detail barang, mulai dari jenis dan jumlah barang, nomor container yang digunakan, dokumen-
dokumen pelengkap

Setelah itu PEB bisa diajukan kepada Kantor Bea Cukai setempat, nantinya akan diberikan persetujuan mengenai ekspor dan barang dapat dikirimkan ke pelabuhan. Selanjutnya barang akan dimuat ke dalam kapal maupun sarana pengangkut lainnya dan menuju Negara tujuan.

Setiap dokumen PEB tersebut diwajibkan membayar pendapatan Negara. Dan untuk besaran pajak ekspor berbeda beda setiap barang, dikarenakan setiap barang ekspor memiliki aturan masing-masing. Nah itu tadi penjelasan
singkat mengenai prosedur untuk ekspor ke luar negeri yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Bagikan info ini
Diskusikan