Peluang Usaha Studio Tattoo Dan Hitungan Modal

studio tatto

Punya hobi dan keahlian membuat tattoo? Jika hobi Anda ini sudah mulai banyak menghasilkan keuntungan, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memiliki studio tattoo sendiri. Lalu bagaimana prospek keuntungan dan modal usaha dari membangun studio tattoo?

Seni Tattoo Di Indonesia

Tattoo kerap memiliki stigma negatif, hal ini disebabkan tidak sedikit pelaku kriminalitas yang tertangkap polisi memiliki tattoo di tubuhnya. Masyarakat yang masih awam mengenai asal usul sebenarnya dari tattoo itu sendiri  menyimpulkan bahwa tattoo identik dengan pelaku kejahatan.

Di Indonesia era 1980-an ketika marak operasi penembak misterius (petrus) dari aparat keamanan tak sedikit menyasar pelaku dengan berdasarkan ciri ciri memiliki tattoo. Banyak orang menjadi takut memiliki tattoo di tubuhnya, kecuali pastinya suku di Indonesia yang memang memiliki tradisi tattoo.

Tattoo Suku Dayak

tattoo suku dayak

Tattoo suku Dayak. Explore Nusantara

Tattoo pada suku Dayak bukan hanya sekedar seni, namun juga bentuk kesakralan. Meski demikian tidak semua suku Dayak menggunakan tattoo. Pada suku Dayak, peletakan posisi tattoo pada tubuh tidak boleh sembarangan.

Tattoo yang di suku Dayak disebut juga dengan “Tutang” diyakini warnanya akan berubah sendiri dari warna hitam menjadi warna emas, dan akan menjadi penerang jalan mereka menuju keabadian, jalan yang harus mereka tempuh setelah mengalami proses kematian.

Umumnya motif tattoo pada suku Dayak diambil dari simbol alam. Contohnya tattoo burung emggang, melambangkan dunia atas, motif ini biasanya dimiliki oleh para bangsawan suku Dayak.

Tattoo Suku Mentawai

tattoo suku mentawai

Tattoo suku Mentawai. Rahung Nasution

Tattoo di kalangan suku Mentawai dikenal dengan istilah “titi”, sedangkan orang yang membuat tattoo dikenal dengan nama “sipatiti” atau “sipaniti”. Bagi suku Mentawai tattoo adalah simbol keseimbangan dan keindahan, mereka juga meyakini tattoo sebagai pakaian indah yang akan dibawa sampai mati.

Sipatiti atau sipaniti biasanya diberi imbalan berupa seekor babi atau beberapa ekor ayam untuk jasa mereka. Tattoo juga menjadi simbol profesi para suku Mentawai, dari mulai penjaga hutan, pemburu, hingga kepala suku. Proses pembuatan tattoo di suku Mentawai menggunakan jarum yang terbuat dari tulang hewan yang kemudian dicelupkan kedalam pewarna yang terbuat dari sari tebu dan arang. Pembuatan tattoo sendiri dengan cara jarum tersebut dipukul pukulkan kebagian tubuh yang hendak ditattoo.

Tattoo Suku Moi

Suku Moi yang bermukim di daerah Sorong, Papua Barat ini diyakini telah memiliki tradisi tattoo sejak jaman Neolitikum. Motif tattoo dirajah pada bagian tubuh dada, pipi, betis, kelopak mata, pinggul hingga punggung. Bentuk yang umum dari tattoo suku Moi berupa geometris, garis-garis melingkar lalu ada titik-titik berbentuk segitiga kerucut.

Generasi terkini suku Moi sudah jarang yang meiliki tattoo di tubuh mereka seiring perkembangan jaman. Meski demikian upaya melestarikan adat istiadat asli suku Moi masih terus dilakukan melalui sekolah adat yang dilakukan didalam rumah Kambik.

Tattoo Dalam Islam

Henna

Henna. Foto oleh Blake Newman

Tattoo yang dikenal umat Islam berbeda dengan tattoo pada umumnya. Henna atau Mehndi merujuk pada body art painting pada bagian tertentu tubuh dan bersifat temporer / sementara. Henna sendiri merupakan bahasa latin dari tanaman Lawsonia Inermis. Salah satu tanaman tertua di dunia yang digunakan sebagai bahan kosmetik dimasa lampau.

Dari Aisyah radhiallahu’anha, Nabi Muhammad SAW berkata:

أومأت امرأة من وراء ستر بيدها كتاب إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقبض رسول الله صلى الله عليه وسلم يده فقال: ما أدري أيد رجل أم يد امرأة؟ قالت : بل امرأة . قال صلى الله عليه وسلم : لو كنت امرأة لغيرت أظفارك يعني بالحناء
Seorang wanita menjulurkan tangannya dari balik tabir. Di tangannya ada sebuah tulisan untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menahan tangan beliau dan berkata, ”Saya tidak tahu, apakah ini tangan laki-laki ataukah tangan wanita?”. Sang wanita menjawab, ”Ini tangan wanita”. Maka Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Jika kamu seorang wanita, seharusnya engkau warnai jari-jarimu dengan henna” (HR. Abu Daud 4166, dihasankan Al Albani dalam Shahih Abi Daud). Muslimah.Or.Id

 

Tattoo Dan Perkembangan Studio Tattoo Dewasa Ini

Seiring perkembangan teknologi informasi, kini orang sudah dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar asal muasal tattoo sehingga stigma negatif yang melekat pada tattoo perlahan mulai hilang.

Seni tattoo kini sudah menyebar meluas sehingga menjadi bagian dari fashion. Para seniman tattoo umumnya memulai usahanya berangkat dari hobi. Mereka memiliki peralatan lengkap tattoo baik untuk tattoo permanen maupun temporer. Dari mulai menattoo diri sendiri, teman atau kenalan, hingga menyewa stand di acara acara bazar atau expo tertentu.

Jenis guratan tattoo pun semakin beragam, mulai dari naturalis dengan obyek gambar berasal dari alam, hingga abstract berupa tribal contohnya dan simlified berupa guratan garis garis dan bentuk bidang lain. Pada bahasan selanjutnya adala untuk perhitungan usaha seni tattoo permanen, jadi ini bukan untuk perhitungan usaha merias henna / mehndi yang dikenal di kalangan umat muslim (agar tidak terjadi salah paham).

 

Modal Usaha Membuka Usaha Studio Tattoo

Dalam hitungan kali ini akan dibagi menjadi dua, yaitu hitungan modal peralatan dan sewa tempat serta dekorasinya. Tentu saja bisa dipilih yang mana sesuai dengan kemampuan modal Anda, namun pastinya modal ketrampilan dalam membuat tattoo adalah modal dasar yang harus dimiliki.


Peralatan Membuat Tattoo

Harga dibawah ini bisa berbeda beda tergantung Kota Anda tinggal, meski demikian produk yang tertera dibawah dapat dipesan secara online. Ada opsi alat untuk mentransfer desain ke kertas thermal, bagi Anda yang membuat tattoo dengan cara mengikuti desain dari kertas thermal.

peralatan usaha studio tattoo

  1. Set Mesin Tattoo lengkap terdiri dari
    • 1 x tattoo machine
    • 1 x power supply
    • 1 x power cord(US Plug)
    • 5 x sterile tattoo needles
    • 20 x 1 bottle of tattoo inks(5ml/bottle)
    • 10 x ink cups
    • 10 x grommets
    • 10 x rubber machine o-rings
    • 10 x tattoo machine rubber bands
    • 3 x adjust tools
    • 1 x Foot switch
    • 1 x Clip cord
    • 1 x Alloy Tattoo Machine Grip

    Harga 1 set semua peralatan diatas dibandrol Rp. 525.000-, [sumber]

  2. Kursi Tattoo untuk customer duduk berbagai posisi selama tubuh ditattoo Rp. 1.350.000-, [sumber]
  3. Meja lipat meletakan peralatan selagi mentattoo Rp. 300.000-, [sumber]
  4. Spidol skin marker (untuk menandai alur desain pada kulit jika tattoo manual) Rp. 28.000-, [sumber]
  5. Sarung tangan karet tattoo 1 box isi 50 pcs Rp. 76.800-, [sumber]
  6. Autoclave, alat untuk mensterilkan peralatan tattoo Rp. 1.390.000-, [sumber]
  7. Vaseline Petroleoum Jelly kemasan 50 gram Rp. 30.000-, [sumber]
  8. Plastic wrap uk 38 cm  2 gulung (@15 meter) Rp. 24.000-,
  9. Tissue facial 1 box Rp. 25.000-,
  10. Box container 100 liter untuk menyimpan peralatan sehabis digunakan Rp. 135.000-, [sumber]
  11. Plastik sampah polybag hitam (kantong sampah uk 60x 100cm)  isi 20 pcs Rp. 17.000-,

TOTAL BIAYA PENGADAAN PERALATAN Rp. 3.900.800


Opsi Peralatan Tattoo

Optional, alat untuk mentransfer desain tattoo ke kertas thermal paper kemudian untuk ditempelkan.

  • Thermal Stencil Maker alat mentransfer desain tattoo Rp. 2.401.000-, [sumber]
  • Thermal paper untuk mentransfer desain tattoo isi 5 lembar Rp. 35.000-, [sumber]

Optional, untuk customer selama ditatto, alternatif kenyamanan dari kursi tatto diatas.

  • Portable bed, untuk customer posisi tidur jika memerlukan tattoo bagian punggung dan waktu lama, atau menjangkau bagian sulit Rp. 1.000.000-, [sumber]

 


Studio Tattoo

Memilih lokasi studio tattoo memerlukan beberapa pertimnbangan, antara lain melihat karakteristik lingkungan sekitar. Meskipun tattoo sudah mulai diterima luas di Indonesia, namun beberapa lokasi mungkin kurang tepat untuk usaha Anda. Pastikan lokasi Anda ramai dilalui oleh pangsa pasar Anda meskipun pelanggan Anda bisa saja berasal dari pelanggan lama atau informasi melalui internet atau lingkungan penggemar seni tatto.

Lokasi studio tattoo terkadang dapat disandingkan dengan tempat usaha lain. Misalnya dengan studio musik, kafe, tempat pangkas rambut, toko distro fashion dan lainnya yang bersifat casual. Mungkin Anda dapat bekerja sama menyewa sebagian tempat tersebut, misalnya menempati ruangan lantai atas, namun dibawah tetap dapat meletakan banner studio tattoo. Jangan lupa akses menuju studio Anda harus mudah diakses dari lantai bawah.

Jika Anda ingin mempelajari seputar memilih lokasi usaha yang tepat, mungkin artikel “Tempat Usaha Yang Strategis” dapat menjadi panduan referensi Anda.


Biaya Sewa Tempat Dan Listrik

  • Sewa tempat ruangan bentuk studio dengan kamar kecil dan wastafel minimal 6×8 m  Rp. 1.500.000-, / bulan
  • Biaya tenant Rp. 50.000-, / bulan
  • Biaya listrik (estimasi termasuk AC dan peralatan) Rp. 1.000.000-, / bulan

TOTAL BIAYA SEWA TEMPAT  Rp. 2.550.000-, / bulan


Pengadaan Interior dan Dekorasi

  • Set kursi dan meja untuk ruang tunggu Rp. 650.000-, [sumber]
  • Poster penghias interior 20 pcs (cetak uk A2 Rp. 12.600 / lembar) Rp. 252.000-, [sumber]
  • 1 Standing X banner untuk diluar Rp.  90.000 [sumber]
  • 1 Cutting stiker desain untuk di kaca depan studio ukuran 2X1 meter Rp. 200.000-, [sumber]
  • 1 Unit AC Sharp 1/2 PK + pasang  Rp. 2.000.000-, [sumber]
  • Angkutan barang sewa pickup Rp. 500.000 / seharian

TOTAL PENGADAAN INTERIOR DAN DEKORASI Rp. 3.592.000-,

Operasional Dan Investasi Aset

  • Transportasi 1 hari Rp. 7.500 X 30 (bensin motor) = Rp. 225.000-,
  • Makan 3 kali sehari X 30 hari X Rp. 20.000-, = Rp. 1.800.000-,
  • Bongkar + kuras AC setiap 6 bulan, Rp.  450.000 / 6 = Rp. 75.000-, (disisihkan setiap bulan)
  • Pembelian peralatan seperti tinta, jarum, tissue, dsb Rp. 250.000-,
  • Investasi service peralatan (jaga jaga kalau rusak dana sudah siap) Rp. 50.000-, (disisihkan setiap bulan)
  • Air mineral 1 dus untuk suguhan customer Rp. 30.000-,
  • Cicilan pinjaman (jika modal didapat dari meminjam) Rp. 1.000.000-, (estimasi berlaku untuk 18 bulan selama angsuran berlangsung lihat hitungan cicilan dibawah)

TOTAL OPERASIONAL BULANAN  Rp. 3.430.000-, (setelah bulan ke 18 jadi hanya tinggal Rp. 2.430.000-, karena cicilan sudah lunas)


Proyeksi Keuntungan Studio Tattoo

Total Modal Dan Operasional Bulan Pertama

Dari semua perhitungan diatas, pertama tama Kita buat resume sub total dan totalnya dulu, sehingga dapat diketahui total modal yang dibutuhkan.

  1. Peralatan Membuat Tattoo Rp. 3.900.800-,
  2. Sewa Tempat Dan Listrik Rp. 2.550.000-,
  3. Interior Dan Dekorasi Rp. 3.592.000-,
  4. Operasional Bulan Pertama Rp. 2.430.000-. (jika tidak meminjam / tidak perlu bayar cicilan)

Total modal usaha dibutuhkan + operasional bulan pertama Rp. 12.472.000-,

Jika Anda tidak memiliki modal, maka akan mempertimbangkan meminjam. Dengan asumsi meminjam selama 18 bulan dengan cicilan sebesar Rp. 1.000.000 / bulan maka operasional bulan pertama menjadi Rp. 13.472.000-, (Anda harus meminjam minimal Rp. 14.000.000-, dicicil selama 18 bulan sebesar 1 juta setiap bulan termasuk bunga).

Menghitung Biaya Jasa

Untuk bidang jasa seperti seni tattoo maka hitungan biaya jasanya adalah relatif. Meski demikian Anda sudah menyiapkan hitungan standar jasa Anda. Jika Anda belum memiliki standar hitungan biaya jasa maka buatkah coretan konsep hitungan untuk Anda simpan sendiri.

Contoh coretan hitungan dapat seperti ini:

  • Biaya per cm2 Rp. 25.000
  • Biaya jika jenis tattoo realism atau 3D realism maka hitungannya perjam, satu jam asumsikan Anda mematok tarif Rp. 750.000-,
  • Minimal mengerjakan bidang tatto (non realism) Rp. 300.000-, (bidang 12cm2) dan estimasi Anda dapat menyelesaikannya adalah selama 30 menit.

Operasional Dan Keuntungan

Jika operasional bulanan Anda sebesar Rp. 3.430.000-, (asumsi meminjam dan bayar cicilan) + Rp. 2.550.000-, (sewa tempat) = Rp.  5.980.000-,  maka jika dibagi rata 30 hari operasional Anda adalah Rp. 199.333-, / hari.

Jadi jika dalam sehari Anda mendapatkan 1 saja order minimal tattoo senilai Rp. 300.00-, maka total pendapatan sehari adalah Rp. 300.000-,

Asumsikan Anda stabil minimal mendapatkan 1 order tattoo senilai Rp. 300.000-, dalam sehari selama 30 hari, maka estimasi keuntungan bersih bulanan Anda adalah:

Rp. 300.000-,  – Rp. 199.333-,  =  Rp. 100.667-, / hari

Rp. 100.667 X 30 hari = Rp. 3.020.010-, total keuntungan setiap bulan dengan asumsi setiap hari 1 order minimal.

Hitungan kasar diatas adalah minimal yang harus dicapai, apabila ternyata tempat Anda mendapatkan 2 order minimal maka keuntungan bulanan dapat mencapai 12 juta lebih.

Waktu Libur

Untuk mengatur waktu libur bisa disiasati dengan raihan omset harian. Misalnya dalam sehari Anda sudah berhasil mendapatkan order sebanyak Rp. 900.000, maka Anda aman untuk libur selama 2 hari maksimal.

Penutup

Semua estimasi hitungan diatas adalah proyeksi kasar, artinya Anda harus pelajari kembali setiap komponen biayanya. Baik peralatan yang dibutuhkan, harga sewa tempat dan tenant, serta lainnya sesuai dengan lokasi tinggal Anda.

Adakalanya juga peralatan seperti interior kursi, meja, box sudah Anda miliki jadi tidak dimasukan dalam pos pengeluaran. Demikian juga jika Anda sudah memiliki peralatan tattoo sebelumnya maka komponen tersebut bisa dihilangkan.

 

Artikel ini telah disunting tim editor dan ditambahkan beberapa informasi tambahan dari pengalaman mengamati usaha beberapa sahabat yang pernah menjalani usaha tattoo di kawasan Jakarta Selatan, Uyo HMP dan Didi Botex.

Bagikan info ini
  • 14
    Shares
Diskusikan