Untung Rugi Jualan Di Marketplace Online

Untung Rugi Jualan Di Marketplace

Pasar penjualan di marketplace online semakin hari terus meningkat, bahkan marketplace disebut sebut akan menggeser pasar penjualan offline. Jika Anda berencana jualan di marketplace online, ini untung rugi jualan di marketplace yang perlu diketahui  dengan melihat fitur yang ditawarkan marketplace online saat ini, serta daya saingnya.

Pangsa Pasar Luas

Jika dibandingkan dengan toko fisik, maka visibility (keterlihatan) produk Anda memang lebih luas jangkauannya ketika dipasarkan melalui marketplace. Saat ini bahkan banyak pemilik toko fisik juga memiliki akun marketplace guna mensasar konsumen lebih banyak lagi.

Ditengah luasnya pangsa pasar, marketplace tetap memiliki kekurangan dan berbagai kendala. Apa saja untung rugi jualan di marketplace dan kendalanya? Kami akan coba merangkum dari berbagai keluhan penjual serta analisa fitur fitur marketplace.

 

Kelebihan (Potensi Keuntungan)

Fitur pada marketplace online

Fitur pada marketplace online – Bukalapak

  • Jangkauan luas, seperti sudah disebutkan diatas bahwa jangkauan geografis pasar marketplace dapat melintas batas negara.
  • Tidak perlu sewa tempat, berjualan di marketplace tidak mengenal biaya sewa lokasi, cukup berbekal akses internet.
  • Minim biaya operasional karyawan. Jika Anda baru merintis usaha, maka berjualan di marketplace tidak memerlukan karyawan cukup dilakoni seorng diri. Karyawan atau asisten dibutuhkan ketika usaha Anda semakin berkembang, misalnya untuk kebutuhan support, antar barang, pengelola medsos dsb.
  • Transaksi aman, transaksi jual beli di marketplace melalui pihak pengelola atau dulu dikenal dengan nama Rekber. Jadi pembeli merasa aman karena dana pembelian baru akan diteruskan jika barang sudah mereka terima. Di sisi penjual mereka juga diuntungkan karena tidak perlu lagi berbelit belit negoisasi dengan pembeli masalah pembayaran.
  • Pengelolaan produk, pada sistem marketplace terdapat fitur pengelolaan produk seperti toko online. Jadi penjual dapat membuat katalog produk, mengatur stok barang, melihat hingga data transaksi jual beli.
  • Otomatisasi sistem. Tidak perlu lagi menghitung manual ongkos kirim karena semua sudah otomatis dihitungkan pada sistem marketplace online. Calon pembeli dapa
  • Mendukung sistem dropship. Pada artikel Apa Itu Dropship, Jualan Tanpa Modal telah diuraikan mekanisme dropship. Dropship dengan segala kekurangan dan kelebihannya tetap akan menguntungkan baik penjual yang memiliki stok, maupun penjual yang tidak memiliki stok barang atau dropshipper itu sendiri.
  • Opsi sewa gudang antar kota dengan biaya per barang. Fitur ini adalah opsi, dan relatif baru diluncurkan sehingga belum semua penjual dapat memanfaatkannya. Namun konsep dari sewa gudang di tiap tiap kota adalah untuk menekan biaya ongkos kirim serta meningkatkan kecepatan pengiriman dari produk penjual. Pada Tokopedia terdapat fitur seperti ini, yaitu Toko Cabang.

 

Kekurangan (Potensi Kerugian)

produk serupa

Fitur rekomendasi produk lainnya yang sama dengan yang sedang dilihat. – Shopee

  • Belum semua mendukung ekspedisi truk atau jumlah banyak. Pembelian dalam volume banyak maka akan membengkak ongkos kirimnya jika dihitung dengan pengiriman biasa. Oleh karena itu banyak seller produk dengan dimensi dan berat besar menyiasati dengan menggabungkan ongkos kirim dengan harga produknya, dan pengiriman reguler marketplace hanya sebatas pengiriman dokumen. Tercatat hingga saat ini baru Bukalapak yang mendukung pengiriman truk.
  • Persaingan harga ketat dan terkadang tidak sehat. Pada halaman kategori produk, tidak jarang akan banyak produk yang sama dengan jualan Kita, terutama jika jualan Kita tidak unik. Tidak hanya bersaing di pasaran harga normal, banyak pedagang yang menggunakan cara memanipulasi harga serendah mungkin agar dapat tampil di urutan teratas ketika customer menyortir berdasarkan harga. Sering kali harga adalah fiktif atau sudah dibagi. Misal harga asli Rp. 130.000 namun dicantumkan Rp. 13.000 namun ketika customer bertanya di kolom pertanyaan maka diralat menjadi Rp. 130.000 kembali sambil diberikan link asli produknya.
  • Persaingan keterlihatan produk sangat ketat. Selain bersaing di halaman kategori produk, meskipun customer sudah mengunjungi halaman produk Anda, namun mereka akan juga ditawarkan rekomendasi produk serupa (lihat gambar). Fitur ini ada pada semua marketplace online, dan berpotensi beralihnya calon customer ke halaman produk pedagang lain.
  • Harus menyiapkan modal tanpa DP pembelian untuk transaksi pre order. Pre order adalah sistem dimana barang harus diproduksi dahulu, atau dari distributor ketersediaannya harus menunggu. Biasanya ini terjadi pada produsen yang tidak memiliki stok siap jual maupun importir yang pengadaannya dari luar negeri. Dalam sistem pre-order dana pembeli tetap akan ditahan pihak marketplace, sehingga semua ongkos produksi maupun import barang harus disiapkan dahulu oleh penjual. Pengalaman ini dialami Deshiva Store dalam menjual produk hiasan kaligrafi mereka.

 

Untung Rugi Jualan Di Marketplace

Dalam dunia usaha Kita dituntut untuk dapat bertahan dalam situsi dan kondisi apapun. Kebijakan pemerintah akan berubah sering bergantinya pemerintahan, teknologi yang berkembang akan merubah startegi usaha, berbagai macam krisis internasional yang mendera sedikit banyak akan berpengaruh pada usaha Kita.

Oleh karena itu Kita tidak bisa hanya terbuai didalam satu kondisi yang menguntungkan saja, namun siap dengan berbagai macam resiko dan hambatan. Kekurangan atau kerugiannya harus menjadi PR untuk dicarikan solusinya. Kita dapat belajar dari usaha usaha yang sukses bertahun tahun, mereka sudah mengalami berbagai macam jenis dinamika, namun tetap dapat bertahan selama puluhan tahun.

 

Bagikan info ini
  • 13
    Shares
Diskusikan