Cara Daftar GO-FOOD Terbaru 2020

Cara Daftar GO-FOOD Terbaru

Trend pemesanan makanan melalui ojek online semakin meningkat, ini tentu saja merupakan peluang meningkatkan omzet usaha kuliner Anda. Meskipun banyak yang mengeluhkan sulit mendaftarkan usahanya di GO-FOOD, namun ada kiat cara daftar GO-FOOD agar cepat diterima.

Cara Daftar GO-FOOD Terbaru

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman beberapa kali membantu mendaftarkan GO-FOOD untuk beberapa usaha kuliner. Dari semua pengalaman tersebut maka didapatkan beberapa faktor yang dapat memperbesar peluang cepat diterimanya usaha kuliner Anda.

Pada awal tahun 2019 ini GOJEK mengumumkan perubahan aplikasi untuk mengelola listing restoran Anda. Mengelola listing tadinya melalui GO-RESTO kini diintegrasikan menjadi GO-BIZ. Meski demikian aplikasi ini baru Anda gunakan setelah listing Anda Aktif

Ketentuan Daftar GO-FOOD Terbaru

Sebelum mulai mendaftarkan, Anda perlu mengetahui syarat dan ketentuan menjadi seller / merchant GO-FOOD.

  1. Semua restoran, baik dari bintang lima hingga restoran kaki lima, bisa bergabung dengan GO-FOOD.
  2. Produk kuliner yang dijual adalah ready stock atau bukan produk pre-order
  3. Usaha yang tidak memiliki meja atau tempat untuk makan di tempat bisa bergabung dengan GO-FOOD, dengan catatan memiliki penanda berupa spanduk atau plang yang mempermudah Driver untuk menemukan alamat
  4. Semua jenis makanan dapat dijual selama sesuai dengan peraturan pemerintah
  5. Memiliki rekening bank berikut buku rekeningnya.
  6. Menerima pembayaran melalui Go-Pay
  7. Bersedia dikenakan potongan 20% untuk setiap transaksi yang terjadi
  8. Bersedia mengelola transaksi melalui aplikasi GO-BIZ
  9. Melengkapi semua persyaratan dan informasi pendaftaran

Jika Kita lihat poin nomor 6 ini diterapkan pihak GO-JEK karena banyak kasus dimana pihak merchant / seller lalai dalam memenuhi kewajibannya membayar potongan transaksi GO-FOOD. Jadi Anda tidak menerima cash langsung pada setiap transaksi melainkan dalam bentuk saldo GO-PAY yang dapat Anda cairkan langsung setelah dikenakan potongan 20%.

 

Dokumen dan Data Awal Persyaratan Seller / Merchant GO-FOOD

Sebelum melanjutkan pastikan Anda menyiapkan dokumen dan data dibawah ini yang diperlukan pihak GO-JEK.

  1. Foto / scan KTP / Paspor Anda (difoto dengan ponsel atau scan). Gunakan resolusi sedang pada kamera ponsel, karena batas ukuran file foto yang diperbolehkan adalah maksimal 3MB. Pastikan juga semua terfoto dengan jelas pada sisi KTP yang berisikan data Anda (hanya foto 1 sisi saja).
  2. Foto / scan NPWP Anda, jika Anda memiliki NPWP maka foto / scan sama formatnya dengan KTP / Paspor.
  3. Foto / scan buku tabungan, formatnya sama dengan KTP dan NPWP, namun yang harus Anda foto / scan adalah halaman pertama dan kedua dari buku tersebut (bukan covernya). Antara KTP, NPWP, dan atas nama rekening buku tabungan harus atas nama orang yang sama.
  4. Data data lain seperti: alamat lengkap rumah Anda, no telp Anda, alamat lengkap outlet / tempat usaha Anda, no telp outlet. Jika Anda menjalankan usaha di rumah sendiri, maka data alamat rumah dan outlet / tempat usaha dapat disamakan. Jika Anda memiliki beberapa tempat usaha maka cantumkan semuanya.

Perlu diketahui bahwa semua data diatas baru data awal pendaftaran, nantinya Anda perlu siapkan beberapa foto dan informasi lainnya. Jika keempat data diatas sudah disiapkan, maka ajukan pendaftaran Anda melalui website GO-JEK di pendaftaran merchant / seller GO-FOOD. Jangan lupa memberikan no telepon dan email aktif, karena Anda akan diminta melakukan konfirmasi pendaftaran melalui email.

 

Tidak Mendapat Konfirmasi GO-FOOD

Pada tahap resmi pendaftaran GO-FOOD, Anda tidak perlu melakukan apapun lagi kecuali menunggu konfirmasi dari pihak GO-JEK. Namun sering kali proses konfirmasi ini berlangsung cukup lama. Oleh karena itu, 2 hari setelah mendaftar belum ada konfirmasi lebih lanjut dari GO-JEK, berikan informasi pendukung ini pada pihak GO-JEK sambil Anda menanyakan perkembangan status pendaftaran Anda.

Kirim email ke [email protected] dengan format subject: [KOTA] [Nama Restoran] [Nomor Handphone]. Contoh: Tangerang Selatan Ayam Geprek Enak Banget 081234567890. Jika sudah kirimkan email dengan isi sebagai contoh berikut:

Halo Go-Jek,

Nama Saya [nama_anda], pemilik usaha dari Ayam Geprek Enak Banget. Pada [tanggal_anda_isi_formulir] Saya sudah mengajukan untuk terdaftar pada layanan GO FOOD, dengan data sebagai berikut:

[Nama Restoran] [KOTA] [list_menu]

 

Bisnis kuliner ini sudah diverifikasi lokasinya: (optional, baca artikel Google Bisnisku, Tampilkan Bisnis Anda Di Halaman Pencarian Google)
[link_peta_bisnis_anda]

​Mohon informasinya agar bisnis Kami dapat di cari / listing pada aplikasi GO-FOOD, terima kasih atas perhatiannya.

[nama_anda] [Nomor Handphone]

 

Melengkapi Data Pendukung Restoran Untuk GO-FOOD

Setelah mengirimkan email biasanya Anda akan direspon oleh pihak GOJEK dalam sekitar 1 atau 2 hari saja. Anda akan diberikan formulir isian untuk detail usaha kuliner Anda sebelum dikirimkan kontrak kerjasama GO-FOOD berupa Docusign. Nah dalam rangka ini maka sebaiknya Anda sudah menyiapkan data sebagai berikut untuk keperluan penyiapan di aplikasi GO-BIZ nantinya.

  • Hari dan jam buka outlet, pada proses pendaftaran diatas Anda telah memberikan data outlet, maka melalui email ini Anda akan diminta menyertakan hari dan jam buka outlet Anda.
  • Koordinat Google Maps outlet Anda. GOJEK memerlukan lokasi akurat outlet Anda, jika Anda tidak mengetahui koordinat tepatnya, maka Anda dapat memberikan link Google Business Anda, atau link share location outlet Anda. (merubah titik lokasi nantinya diperlukan verifikasi manual melalu email)
  • Foto usaha (masing-masing outlet) Anda tampak depan
  • Apabila usaha Anda Home Kitchen maka WAJIB melampirkan foto Owner dengan memegang salah satu produk dan sertakan foto juga rumah Anda tampak depan.
  • Detail menu, pada cara daftar GO-FOOD terbaru ini, detail menu awal Anda berikan melalui email, namun pada aplikasi GO-BIZ nantinya dapat diatur ketersediaan menu tersebut (tersedia / tidak). Siapkanlah data menu Anda: Kategori makanan, nama makanan, deskripsi makanan, harga final (termasuk pajak jika ada), halal atau non halal, pilihan rasa (misal asin, manis, pedas dsb), dan foto makanan dengan ukuran 500X500 pixel.
  • Banner usaha, akan ditampilkan pada listing Anda, akan diminta pihak GO-JEK dengan ukuran 1000X500 pixel.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Penamaan nama makanan / minuman harus dengan ejaan yang benar termasuk penggunaan huruf besar dan kecil, atau penggunaan singkatan. Misalnya: Nasi Bebek Madura (benar), Nasi BeBek MaDuRa (salah),  Nasi Bbk Madura (salah)
  • Pihak Go-Jek berhak untuk tidak menayangkan satu atau beberapa dari menu yang Anda ajukan yang tidak sesuai ketentuan
  • Perubahan menu dilakukan manual melalui email.
  • Perubahan titik lokasi resto dilakukan manual dengan memberikan titik baru koordinat GPS melalui email
aplikasi gobiz pending

Kiriman: Imam Busyro

Jadi pelajari email dari GO-JEK dan kirimkan data tambahan yang diminta, jangan sampai ada yang terlewat, karena dapat menunda proses aktifasi listing GO-FOOD Anda atau menyebabkan item tidak ditampilkan. Jika semua persyaratan Anda penuhi maka Anda akan mendapatkan konfirmasi dari representatif  bahwa listing Anda sudah aktif, dan diminta mengunduh aplikasi GO-BIZ untuk dipasang pada ponsel Anda.

Pada aplikasi GO-BIZ tersebut login dengan no ponsel yang digunakan waktu pertama kali mendaftar.

Bagikan info ini
  • 28
    Shares
Diskusikan