Contoh Proposal Kerjasama Usaha

Contoh Proposal Kerjasama Usaha

Salah satu cara mendapatkan / menambah modal usaha adalah dengan menawarkan proposal kerjasama usaha. Memulai maupun mengembangkan usaha yang ada memang akan membutuhkan modal usaha tambahan, oleh karena itu pada artikel ini akan mengulas contoh proposal kerjasama usaha.

Contoh Proposal Kerjasama Usaha

Ketika menawarkan kerjasama usaha, maka poin poin yang disampaikan harus komprehensif sehingga calon rekanan / investor yakin dengan tawaran kerjasama usaha Anda. Kita akan coba membagi poin poin dari pembuatan proposal kerjasama usaha sehingga tersusun seperti dibawah ini.

Kerangka Contoh Proposal Kerjasama Usaha

Dalam menawarkan investasi usaha, semakin lengkap dan detail kerjasama yang ditawarkan memang akan meningkatkan peluang kesepakatan kerjasama. Meski demikian, ada batasan batasan dimana dapur rahasia usaha sebaiknya tidak diungkapkan dalam proposal. Misalnya usaha makanan mie ayam, tentunya resep rahasia tidak dipaparkan dalam proposal.

Kerangka proposal berguna agar Anda dapat memahami poin poin yang akan disampaikan didalam contoh proposal kerjasama usaha. Kita akan menggunakan contoh usaha “Nasi Pecel” dalam proposal berikut ini. Contoh narasi proposal akan ditandai dalam format kutipan. Pada contoh dibawah ini tidak disertakan foto namun Anda sangat disarankan melengkapi proposal dengan foto foto terkait usaha Anda.


  1. Surat pengantar / audiensi
  2. Maksud & Tujuan
  3. Profil Usaha
  4. Detail Produk / Jasa
  5. Perkembangan Usaha
  6. Prospek Keuntungan Usaha
  7. Strategi Pemasaran
  8. Manajemen Resiko
  9. Kebutuhan Investasi Usaha
  10. Penutup
  11. Lampiran: Draft Kontrak dan dokumen penunjang lainnya

1. Surat Pengantar

Surat pengantar merupakan pembuka awal dari penyampaian contoh proposal kerjasama usaha. Pada surat ini Anda menjelaskan bahwa Anda memiliki rancangan kerjasama usaha yang akan dijelaskan melalui proposal kerjasama usaha.  Karena didalam surat ini Anda juga telah mengutarakan maksud untuk meminta audiensi / jadwal pertemuan, maka pelampiran proposal dapat menjadi opsi apakah dilampirkan atau tidak.

Nomor : – (isi hanya jika Anda memiliki pembukuan administrasi surat menyurat)
Lampiran : 1 (satu) bundel proposal
Hal : Penawaran Kerja Sama Usaha

Kepada Yth.
Ibu Fatimah Syahrini Jaelani
Di Jakarta

Dengan hormat,
“Nasi Pecel Mbah Nadine” memiliki rencana pengembangan bisnis kami yang bergerak di bidang kuliner. Salah satu bentuk pengembangannya adalah rencana untuk menambah beberapa cabang di kawasan perumahan baru untuk memperluas jangkauan bisnis kami.

Terkait rencana pengembangan tersebut, “Nasi Pecel Mbah Nadine”membutuhkan kerjasama investasi modal guna mendukung rencana pengembangan tersebut, dan berharap dapat diberikan waktu untuk berdiskusi lebih lanjut seputar penawaran kerjasama ini

Rincian mengenai alokasi modal usaha serta sistem pembagian keuntungan telah Kami lampirkan dalam proposal penawaran kerjasama usaha yang disertakan bersama surat (atau email jika Anda mengirimkan melalui email) ini.

Demikian surat pengajuan kerja sama ini kami sampaikan, Besar harapan Kami dapat bekerjasama dengan Anda. Terima kasih atas perhatian dan waktunya.

Tangerang Selatan, 18 Juni 2019

Hormat Saya,

[tanda tangan Anda]

 

Nadine Deline
Pemilik “Nasi Pecel Mbah Nadine”


2. Maksud & Tujuan

Meskipun pada surat pengantar telah dijelaskan tujuan Anda, namun pada proposal maksud dan tujuan dapat dipertegas dan lebih detail lagi untuk investor disertai dengan kilasan keunggulan.

MAKSUD DAN TUJUAN

Nasi Pecel Mbah Nadine saat ini telah memiliki 3 cabang di 3 kompleks perumahan di kawasan Tangsel. Dalam data pengamatan Kami, para pelanggan ternyata tidak hanya berasal dari sekitar kompek perumahan tersebut saja, namun juga dari wilayah diluar perumahan.

Melihat perkembangan tersebut, Nasi Pecel Mbah Nadine tekah memiliki rencana untuk menambah jumlah cabang di wilayah yang terdata banyak pelanggan Kami. Guna menunjang pengembangan usaha ini, Kami telah mengkalkulasi jumlah tambahan modal yang dibutuhkan adalah Rp. 15.000.000-,  (lima belas juta rupiah) untuk membangun 2 cabang baru. Rincian perhitungan modal dan sistem bagi hasil usaha juga telah Kami uraikan dalam pemaparan berikutnya dalam proposal ini.


3. Profil Usaha

Tidak ada investor yang mau bekerja sama dengan usaha yang tidak jelas profil bisnisnya. Profil umumnya berisikan resume dari usaha yang Kita jalani, dan uraiannya tidak perlu panjang atau mendetail. Pilihlah tonggak waktu / milestone yang relevan  merangkum keseluruhan profil Kita.

PROFIL USAHA

Kami memulai usaha Nasi Pecel Mbah Nadine sejak tahun 2016 di garasi rumah pribadi. Saat itu hanya buka pagi hari untuk melayani pembeli yang mencari sarapan. Setelah berjalan 1 bulan omset nasi pecel Kami mulai meningkat sehingga dibulan ke 3 Kami memutuskan untuk mengurus perizinan kepada RT RW setempat dikarenakan keramaian pembeli.

Hampir 3 tahun hingga saat ini Kami telah memiliki 2 cabang serta mengantungi izin usaha kuliner, Kami melihat peningkatan omset yang cukup signifikan. Terutama seiring berkembangnya pembangunan pemukiman baru di Kota Tangsel, maka di tahun ini Kami mendapati bahwa terdapat peluang besar untuk mengembangkan usaha Kami dengan membuka cabang baru di sisi lain Kota. Pemilihan lokasi cabang sudah diperhitungkan dengan detail, beserta biaya modal pengembangannya.


4. Detail Produk / Jasa

Setelah memaparkan maksud, tujuan serta profil usaha pada contoh proposal kerjasama usaha, maka investor sudah mendapatkan informasi apa produk yang Anda pasarkan. Meski demikian mereka belum mendapatkan ulasan lebih lanjut.

NASI PECEL MADIUN

Pecel atau pecal merupakan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer di pulau Jawa, termasuk di Kota Tangerang Selatan.

Selain rasanya yang khas dan enak, makanan ini tergolong makanan yang diburu pencinta makanan sehat rendah lemak. Kadar lemak pada nasi pecel Madiun hanya ada pada kacang sebagai bumbu. Sebagai variasi dan juga setelah melakukan riset di daerah Kota Tangsel, maka Kami mengkombinasikan nasi pecel dengan lontong serta aneka lauk lainnya seperti bakwan, tahu goreng, sate udang dan lainnya.

Penambahan variasi yang notabene ini mungkin bertolak belakang dengan konsep makanan rendah lemak tidak menyurutkan para pembeli, bahkan malah menambah jumlah pembeli nasi pecel.


5. Perkembangan Usaha

Bagi calon investor, informasi mengenai perkembangan usaha yang Anda tawarkan akan menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum memutuskan bekerja sama. Pada bagian ini uraikanlah gambaran perkembangan usaha Anda hingga saat ini. Namun jika Anda baru membuka usaha, tentunya bagian ini dapat Anda hilangkan dari proposal kerjasama usaha, atau dapat Anda ganti dengan studi kasus usaha serupa di wilayah lain yang jauh dari lokasi Anda. Jangan lupa menyertakan rencana lokasi cabang usaha Anda yang baru.

PERKEMBANGAN NASI PECEL MBAH NADINE

Sejak memulai usaha pada tahun 2016, Nasi Pecel Mbah Nadine telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Kurang dari satu bulan omset Kami telah mengalami peningkatan hampir 200% yang membuat Kami memutuskan membuka cabang pertama Kami di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Setahun kemudian, baik pada pusat penjualan maupun di cabang pertama daya tampung penjualan mulai kewalahan seiring bertambahnya jumlah pelanggan. Di tahun 2017 tersebut Kami akhirnya memutuskan membuka sekaligus 2 cabang baru sehingga saat ini Kami telah memiliki total 3 cabang.

Perkembangan pembangunan pemukiman yang telah berjalan sejak tahun 2016 hingga saat ini turut mendorong pertumbuhan jumlah pelanggan nasi pecel Kami. Seperti dapat Anda lihat ulasan demi ulasan positif nasi pecel Kami tidak hanya banyak di internet, namun juga terutama di lingkungan lokasi cabang cabang Kami. Menangkap peluang yang ada tersebut Kami kini bermaksud membuka kerjasama usaha untuk lebih memajukan usaha nasi pecel Kami.

Ekspansi cabang Kami akan menyasar di kawasan Muncul Tangerang Selatan yang mana akan menyasar segmen pembeli di wilayah Serpong Tangsel hingga Pondok Petir Bogor.


6. Prospek Keuntungan

Inilah bagian inti dari proposal kerjasama usaha. Setiap penawaran kerjasama usaha, tujuan utamanya adalah mengenai prospek serta pembagian keuntungan. Disini Anda harus teliti dalam menerapkan bagi hasil keuntungan agar tercipta kerjasama yang saling menguntungkan. Prospek yang Anda ajukan ini hendaknya bersifat general, karena untuk pembahasan detail adalah ketika diskusi proposal lebih lanjut. Oleh karena itu siapkan lampiran pembahasan detail, namun tidak dilampirkan kedalam proposal sampai tiba saat audiensi.

Apabila usaha ini sudah berjalan maka data prospek ini dapat Anda rujuk pada keuntungan berjalan usaha. Jika baru memulai usaha maka Anda harus menyusun proyeksi keuntungan usaha. Contoh penyusunan proyeksi usaha dapat dilihat pada kategori peluang usaha.

Apa saja yang disusun pada bagian prospek keuntungan ini diantaranya:

  • Estimasi modal bulanan (bahan baku, operasional dan lainnya, tidak perlu detail)
  • Estimasi omset bulanan (berikan perhitungan minimal dan maksimal)
  • Kalkulasi keuntungan bersih (omset – modal)
  • Prosentase bagi hasil (pertimbangkan juga waktu ROI berdasarkan modal dari investor)

7. Strategi Pemasaran

Sama halnya dengan poin ProspekKeuntungan, maka pada strategi pemasaran dipaparkan secara umum. Detail startegi tentunya juga Anda siapkan apabila suatu saat akan diminta untuk bertemu dengan calon investor partner Anda. Berikut ini adalah contoh pemaparan strategi pemasaran tanpa mengungkap detail. Dengan melihat gambaran strategi pemasaran akan mendorong kenyamanan investor dalam berinvestasi karena mereka memiliki keyakinan akan prospek positif dari usaha Anda.

Poin poin dari contoh dibawah ini antara lain: segmentasi pasar, pendekatan kepada influencer / tokoh,  pemasaran online, hingga promosi onsite / di lokasi.

STRATEGI PEMASARAN

Ketika sebelum memulai usaha pertama kalinya, Kami telah mengamati perkiraan segmentasi nasi pecel madiun. Kami mendapatkan bahwa masyarakat di Kota Tangerang Selatan menggemari makanan jenis pecel untuk makan pagi / sarapan dan makan siang.

Segmen ini memiliki saingan diantaranya, penjual gado gado, karedok, oleh karena itu Kami sudah dapat memprediksikan perkiraan jumlah pelanggan kala itu. Diawal pembukaan Kami menerapkan sistem promosi makan nasi pecel gratis di hari pertama pembukaan yang Kami batasi sebanyak 50 porsi. 50 porsi ini merupakan undangan yang telah Kami pilih dari beberapa wilayah di perumahan, umumnya Kami menyertakan beberapa undangan yang aktif secara sosial baik di lingkungan maupun di media sosial guna memperoleh jangkauan perkenalan produk.

Kemudian selain menjaga pelanggan lama setia Kami, ekspansi promosi juga terus Kami gaungkan, diantaranya mendaftarkan usaha Kami di berbagai layanan ojek online, hingga menerapkan promosi beli 1 porsi gratis 1 porsi di hari tertentu setiap minggunya seara acak.

Dengan akan dibukanya cabang baru Kami yang keempat, maka Kami terus berinovasi dengan strategi pemasaran untuk nasi pecel Madiun Kami.


8. Manajemen Resiko

Sekecil apapun, setiap usaha pasti memiliki resiko, ketika Kita menjalin kerjasama dengan investor,  maka resiko yang terjadi akan memiliki dampak pada mereka. Pada titik ini mereka ingin mengetahui bagaimana langkah Anda menangani potensi resiko usaha yang ada.

Setidaknya ada 11 jenis resiko usaha yang mana Anda pilih beberapa diantaranya untuk Anda paparkan kepada calon investor mengenai penanganan potensi resiko tersebut. Baca juga artikel Jenis Jenis Resiko Usaha.


9. Kebutuhan Investasi Usaha

Dari rincian kebutuhan ini maka akan keluar hasil berupa nilai yang Anda akan ajukan kepada calon investor. Pada bagian dalam proposal ini Anda dapat memberikan gambaran umumnya dan juga menyiapkan lampiran dari rincian detail kebutuhan tersebut. Apabila tahap diskusi sudah berlanjut maka rincian detail tersebut dapat dibagikan sebagai bahan diskusi. Karena tidak jarang dari pihak investor mungkin memiliki gagasan untuk efisiensi biaya kebutuhan.

Kebutuhan investasi usaha umumnya berupa rancangan anggaran biaya. Contoh format rincian kebutuhan usaha dapat Anda lihat contohnya pada artikel artikel peluang usaha.


10. Penutup

Seringkali ketika Kita memberikan proposal tidak langsung mendapatkan waktu untuk audiensi  / diskusi. Oleh karena itu pada penutup proposal Anda kembali menyampaikan maksud Anda untuk dapat melakukan audiensi lebih lanjut guna pembahasan proposal kerjasama usaha ini. Berikan sentuhan personal dengan menyebutkan nama calon investor (artinya setiap proposal dibuat khusus sesuai nama calon investor)

PENUTUP

Demikian proposal kerjasama ini Kami sampaikan dengan data sebenar benarnya. Kami berharap mendapatkan kesempatan waktu untuk berdiskusi lebih lanjut dengan Bapak / Ibu [nama investor]. Besar harapan Kami dapat menjalin kerjasama dengan Bapak / Ibu [nama investor].

Tangerang Selatan, 20 Juni 2019,

Hormat Kami,

 

[nama] [nama]
[jabatan] [jabatan]


11. Lampiran

Pada beberapa poin proposal diatas tadi ada beberapa pembahasan yang memerlukan data rincian lebih detail. Dokumen rincian detail tadi Anda susun dalam bundel terpisah, dan apabila Anda belum mendapatkan kesempatan audiensi maka bundel dokumen ini tidak Anda serahkan dahulu.

Ketika sudah saatnya berdiskusi baru calon investor Anda berikan salinan dari rincian detail ini. Jangan lupa juga siapkan draft kontrak kerjasama yang Anda tawarkan, barangkali investor sudah sepakat dengan penawaran dari Anda.


Demikianlah sekilas gambaran dari contoh proposal kerjasama usaha. Semoga dapat menjadi acuan atau contoh bagi Anda menyusun proposal. Format proposal tentu tidak harus dalam bentuk cetak, adakalanya calon investor meminta agar dikirimkan dalam bentuk softcopy ke email mereka (biasanya dalam format PDF).

Apapun permintaannya, untuk desain proposal tidak perlu terlalu heboh, cukup sederhana namun menarik.  Tidak kalah pentingnya, seperti sudah disebutkan diatas tadi, sertakan dokumentasi berupa foto dalam proposal Anda. Ingin melihat contoh contoh desain proposal? Anda dapat cari di: Kumpulan Contoh Desain Gratis Proposal Usaha

Bagikan info ini
  • 5
    Shares
Diskusikan